Selasa, 09 Agustus 2016

Analisis Perancangan Kerja


APK adalah ilmu yang terdiri dari prinsip-prinsip dan teknik-teknik untuk mendapatkan rancangan terbaik dari sistem kerja yang terdiri dari manusia, mesin, material, dan peralatan kerja serta lingkungan kerja agar sistem kerja tersebut efektif dan efisien.

Pada awal berdirinya Teknik Industri, keilmuan Analisis Perancangan Kerja (APK) masih bernama Methods Engineering atau dulu di Indonesia disebut sebagai Teknik Tata Cara Kerja. Sutalaksana dkk (1979) mendefinisikan Teknik Tata Cara Kerja ini sebagai suatu ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip dan teknik-teknik untuk mendapatkan suatu rancangan sistem kerja yang terbaik. Oleh karena itu APK adalah ilmu yang terdiri dari prinsip-prinsip dan teknik-teknik untuk mendapatkan rancangan terbaik dari sistem kerja yang terdiri dari manusia, mesin, material, dan peralatan kerja serta lingkungan kerja agar sistem kerja tersebut efektif dan efisien. 

Tujuan APK adalah menghasilkan suatu sistem kerja yang efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien (ENASE). Maksud dari tujuan ini adalah bahwa dengan diterapkannya APK diharapkan sistem kerja yang dirancang efektif yakni mampu menghasilkan output sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, nyaman, aman, dan sehat bagi pekerja dan orang-orang yang berada di sekitar lingkungan tempat kerja itu berlangsung, serta efisien dalam arti bahwa biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu kecil nilainya dibanding dengan output yang dihasilkan. 

Peran APK dalam peningkatan produktivitas yaitu APK memberi pengetahuan yang cukup mengenai berbagai kemampuan, keterbatasan dan kebutuhan manusia, akan membuat kita mampu merancang sistem kerja yang efektif dan efisien, karena mampu merancang sistem yang mampu meningkatkan kontribusi pekerja bagi perusahaannya, serta memperbaiki kemampuan perusahaan itu dalam memuaskan pasar serta menjaga kemampuan komersialnya. 

Penerapan APK untuk keperluan perancangan peralatan kerja barangkali merupakan hal yang tertua di dalam sejarah keteknik industrian. Bagaimana Taylor merancang berbagai alat potong, dan melakukan studi pada ukuran sekop yang digunakan untuk mengangkat bijih besi, merupakan contoh bagaimana prinsip-prinsip APK diterapkan dalam merancang peralatan. Tentu saja dengan semakin kompleks dan majunya pekerjaan manusia, dimana peralatan yang digunakan juga semakin canggih, peran APK juga semakin besar. 

Selain itu, APK tidak hanya dapat diterapkan pada industri manufaktur saja, tetapi juga di kantor-kantor, baik yang masih menggunakan teknologi manual maupun yang sudah terotomasi. Saat ini dengan kemajuan pada teknologi komputer, interaksi antara manusia dengan komputer juga semakin kompleks, oleh karena itu perlu perhatian yang serius di dalam perancangan dan operasinya, agar hasilnya lebih optimal, begitu juga pada bidang transportasi. Diharapkan dengan penerapan APK ini, proses produksi dapat dikerjakan dengan baik, sehingga dicapai produktivitas yang semakin tinggi pula. 

Download >>DISINI<<


Daftar Pustaka 

Title : Analisis perancangan Kerja 
Author : surya  


 Tittle :  analisis-perancangan-kerja-ergonomi
Author : sakti sembodo
  Web Site : https://prezi.com/dw-r8jmrf1ia/analisis-perancangan-kerja-ergonomi/

 Tittle : Tentang Analisis Perancangan Kerja
Author : asmuliyawan salama
Web Site : http://science-industryengineering.blogspot.co.id/2013/08/analisa-perancangan-kerja.html

Tittle : Analisis Perancangan Kerja (Method Enginerring)
Author : Achmad Fazri
Web Site : http://www.fantasticblue.net/2011/03/analisis-perancangan-kerja-method.html
Author : Ziko  andrian
Tittle : zikoandrian4.wordpress.com
Web Site : https:// zikoandrian4.files.wordpress.com/tema-1-analisis-pengukuran-kerja-edit.pptn


Biograph :
Name                   : Dimas Ibnu Malik
Nick Name          : Ibnu
Address               : Citarik Street Numb 16 Bendo, Blitar , East Java ,Indonesia, Asia , World
Quote                  : Dont Say Lazy
Website               : cysmixs.blogspot.co.id


dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon