Tim adalah kelompok yang
usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah
masukan individual. Tim bisa melakukan berbagai hal: membuat produk, memberikan
jasa, menegosiasikan berbagai perjanjian, mengoordinasi proyek-proyek, memberikan
nasihat, dan membuat keputusan (Indonesia)
Di tengah ketatnya persaingan global di era modern, tim
menjadi tulang punggung bagi suatu organisasi (perusahaan). Karena tim dapat
lebih cepat dan mencapai lebih banyak pemecahan masalah yang dihadapi
perusahaan dibandingkan dengan apa yang dilakukan secara individual. Artinya,
Pembagian Peran Kepemimpinan
Masing-masing anggota tim harus memiliki peran, tanggung
jawab serta kewenangan yang jelas dan disepakati bersama. Masing-masing merasa
dirinya sebagai pemimpin yang berbagi kepemimpinan dengan pemimpin-pemimpin
lainnya. Prinsipnya adalah sistem pendelegasian kepemimpinan, kepada seluruh
anggota tim yang memiliki potensi dan karakter serta kapabilitas di bidang
leadership.
Dalam hal ini, prinsip-prinsip senioritas yang sudah usang
harus ditinggalkan. Tetap menghargai para karyawan senior dengan segala
pengalaman mereka. Namun jangan memaksakan mereka untuk menjadi pemimpin hanya
karena mereka lebih tua, namun tanpa disertai kompetensi dan karakter
leadership yang kuat dan visioner. (ODE)
Syarat Kepemimpinan
menurut Jenderal Soeharto ada beberapa sifat yang harus
dimiliki oleh seorang pemimpin,
1. Ketuhanan Yang Maha Esa, yaitu kesadaran beragama dan beriman
teguh
2. Hing ngarsa sung tulada, yaitu memberi suri-tauladan yang
baik di hadapan anak buah.
3. Hing madya mangun karsa, yaitu bergiat dan menggugah
semangat di tengah-tengah masyarakat (anak buah).
4. Tut Wuri handayani, yaitu memberi pengaruh baik dan
mendorong dari belakang kepada anak buah.
5. Waspada purba wisesa, yaitu mengawasi dan berani
mengoreksi anak buah.
6. Ambeg parama arta, yaitu memilih dengan tepat mana yang
harus didahulukan.
7. Prasaja, yaitu bertingkah laku yang sederhana dan tidak
berlebih-lebihan
8. Satya, yaitu sikap loyal timbal balik dari atasan
terhadap bawahan, dari bawahan terhadap atasan dan juga ke samping.
9. Hemat, yaitu kesadaran dan kemampuan membatasi penggunaan
dan pengeluaran segala sesuatu untuk keperluan yang benar-benar penting.
10. Sifat terbuka, yaitu kemauan, kerelaan, keikhlasan, dan
keberanian untuk mempertanggung jawabkan tindakan-tindakannya.
11. Penerusan, yaitu kemauan, kerelaan, dan keikhlasan untuk
pada saatnya menyerahkan tugas dan tanggung jawab serta kedudukan kepada
generasi muda guna diteruskannya. (Soeharto)
cara membagun kepercayaan dalam sebuah organisasi
Bila ingin membangun kepercayaan, organisasi harus memiliki
visi yang jelas serta menekankan pentingnya kontribusi karyawan dalam
mencapainya. Berkaitan dengan nilai-nilai, kepercayaan hanya akan tumbuh jika
pemimpin konsisten mengikuti dan mendukung nilai-nilai organisasi. Ia harus
menjadi teladan bagi seluruh karyawan. Lingkungan kerja berkontribusi
signifikan bagi terbentuknya persepsi karyawan terhadap pimpinan dan juga
persepsi tentang sejauh mana kepedulian organisasi terhadap karyawan.
Komunikasi
Peneliti mengungkapkan bahwa 85% kepuasan pelanggan berasal
dari hubungan baik yang merupakan hasil dari komunikasi yang baik (Hendarin) (uknown)
jadi Komunikasi adalah bagian dari keseluruhan proses
implementasi strategi. Komunikasi ini seharusnya direncanakan secara strategis,
namun di tahap awal, pada praktiknya banyak orang yang kurang begitu
memerhatikan. (andi)
Menurut Covey, untuk membangun komunikasi yang efektif
diperlukan lima dasar penting yaitu:
1. Usaha untuk benar-benar mengerti orang lain,
2. Kemampuan untuk memenuhi komitmen,
3. Kemampuan untuk menjelaskan harapan,
4. Kemampuan untuk meminta maaf secara tulus jika melakukan
kesalahan,
5. Kemampuan memperlihatkan integritas.
(lubis)
Jadi dengan kerja sama tim yang baik maka organisasi yang di
jalankan akan terus maju dan dapat mengatasi masalah – masalah dengan mudah
karena dengan TEAM WORK
DAFTAR PUSAKA
andi. (n.d.). http://www.ruangfreelance.com/inilah-10-langkah-strategi-komunikasi-yang-efektif-dan-efisien/.
Retrieved 8 4, 2016, from
http://www.ruangfreelance.com/inilah-10-langkah-strategi-komunikasi-yang-efektif-dan-efisien/:
http://www.ruangfreelance.com/inilah-10-langkah-strategi-komunikasi-yang-efektif-dan-efisien/
Indonesia, W. (n.d.).
https://id.wikipedia.org/wiki/Tim. Retrieved from
https://id.wikipedia.org/wiki/Tim: https://id.wikipedia.org/wiki/Tim
lubis, s. (n.d.). http://suwardilubis.blogspot.co.id/2016/01/efektivitas-komunikasi-dalam-organisasi.html.
Retrieved 08 4, 2016, from http://suwardilubis.blogspot.co.id/2016/01/efektivitas-komunikasi-dalam-organisasi.html:
http://suwardilubis.blogspot.co.id/2016/01/efektivitas-komunikasi-dalam-organisasi.html
ODE, A. &.
(n.d.). http://referensi-kepemimpinan.blogspot.co.id/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html.
Retrieved from
http://referensi-kepemimpinan.blogspot.co.id/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html:
http://referensi-kepemimpinan.blogspot.co.id/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html
Soeharto. (n.d.). http://referensi-kepemimpinan.blogspot.co.id/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html.
Retrieved from
http://referensi-kepemimpinan.blogspot.co.id/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html:
http://referensi-kepemimpinan.blogspot.co.id/2009/03/persyaratan-seorang-pemimpin.html
uknown. (n.d.). http://www.jakartaconsulting.com/publications/articles/organization-development/membangun-kepercayaan.
Retrieved from
http://www.jakartaconsulting.com/publications/articles/organization-development/membangun-kepercayaanhttp://www.jakartaconsulting.com/publications/articles/organization-development/membangun-kepercayaan:
http://www.jakartaconsulting.com/publications/articles/organization-development/membangun-kepercayaan
Name : Dimas Ibnu M.
Date Birth : 2 June 1999
Blog : cysmixs.blogspot.com
Email : dieasid@gmail.com
Motto : Love Live
dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon