Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran).
Tujuan
Pengemasan :
1. Membuat
umur simpan bahan pangan menjadi panjang
2. Menyelamatkan
produksi bahan pangan yang berlimpah
3. Mencegah
rusaknya nutrisi/gizi bahan pangan
4. Menjaga
dan menjamin tingkat kesehatan bahan pangan
5. Memudahkan
distribusi/pengangkutan bahan pangan
6. Mendukung
perkembangan makanan siap saji
7. Menambah
estetika dan nilai jual bahan pangan (D'fauz)
Target
Market
Target pasar adalah
sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu
berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belumlah
berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka mempunyai ciri-ciri
yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka membentuk suatu pasar
sasaran. (burhanudin)
Ergonomis
Ergonomi adalah ilmu
yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk
merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. (sri25)
Ciri
Khas
Ciri
Khas
adalah tanda khas yang membedakan sesuatu dari yang lain. (GlosarID)
Jadi dengan ciri khas
dari produk akan memudahkan pelanggan mengenali produk. Desain suatu produk
juga berpengaruh pada suatu produk.
Desain
memiliki arti proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru. Sebagai kata
benda, desain digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif,
baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. (Hasin)
Ukuran
Dalam matematika,
konsep ukuran umumnya merujuk pada pengertian seperti "panjang",
"luas" dan "volume". (Wikipedia)
Dengan harga yang
ekonomis dengan ukuran dan isi yang seimbang membuat pelanggan akan lebih
tertarik dengan produk kita.
Special
Pack
Wadah Spesial adalah
suatu wadah/kemasan yang berbeda dengan kemasan sebelumnya dengan hanya di jual
selama beberapa hari atau hanya beberapa biji saja, sehingga konsumen akan
membelinya karena tidak selalu ada atau Extraordinary. (malik, 2016)
DAFTAR PUSTAKA
burhanudin, i. (n.d.). Target
pasar atau segmen pasar yang dituju. Retrieved from isepburhanudin1:
https://isepburhanudin1.wordpress.com/2014/04/06/target-pasar-atau-segmen-pasar-yang-dituju/
D'fauz, A. (n.d.). pengertian, syarat, tujuan, kegunaan
dan jenis kemasan. Retrieved 8 18, 2016, from pengertian, syarat, tujuan,
kegunaan dan jenis kemasan: http://anandfauzy.blogspot.co.id/
GlosarID, K. (n.d.). Arti ciri Adalah. Retrieved
from Arti ciri Adalah: https://glosarid.com/index.php/term/pengetahuan,ciri-adalah.xhtml
Hasin, N. (n.d.). Kreatifitas Desain Kemasan.
Retrieved from Kreatifitas Desain Kemasan: https://kemasanukm.id/blog/712-2/
malik, D. I. (2016). Special pack. In I. Malik, Special
pack Of Product (p. 8). 16: cysmixs.blogspot.com.
sri25. (n.d.). Apa yang dimaksud nilai ergonomis.
Retrieved from Apa yang dimaksud nilai ergonomis:
http://brainly.co.id/tugas/692931
Wiki. (n.d.). Pengemasan. Retrieved 8 18, 2016, from
Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengemasan
Wikipedia. (n.d.). Ukuran (matematika). Retrieved
from Ukuran (matematika): https://id.wikipedia.org/wiki/Ukuran_(matematika)
Biografi :
Nama : Dimas Ibnu Malik
Sekolah : SMK ISLAM 1 Blitar
Quotes Of This Post :
“Menutupi Kebongan
hanya akan membuang tenagamu karena untuk menutupi kebohonganmu dengan
kebohongan lainya”
dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon