Kamis, 20 Oktober 2016

Pajak Daerah

Pajak Daerah Sumber Pendapatan Asli Daerah
Oleh : Heny Kurniawati


Pajak merupakan iuran/kontribusi rakyat yang harus dibayarkan kepada negara berdasarkan undang undang yang berlaku, pajak diberikan kepada masyarakat untuk memenuhi kas negara. Pajak dapat didapatkan dari beberapa sumber yang dihasilkan berdasarkan bagaimana wilayah tersebut dapat memanfaatkannya sebagai sumber anggaran pendapatan asli daerah. Tetapi  hal ini masih ada pemuda/masyarakat yang belum sadar tentang penting nya membayar pajak untuk membangun bangsa ini.
Di Indonesia, pajak di atur dan dilindungi  oleh undang undang yang berlaku sesuai hukum. Pemungutan pajak di Indonesia harus berdasarkan UU dan bersifat wajib dibayarkan oleh setiap masyarakat baik Warga Negara Indonesia, warga negara asing dan warga yang tinggal secara kumulatif 120 hari di wilayah Indonesia.
Di wilayah Kab Blitar, di tahun 2015 pemasukkan Pajak blitar  masuk 11 % atau naik 7 % dari  dari total penerimaaan, Pemerintah Kabupaten Blitar menetapkan PBB P-2 sebesar 21,8 milyar pada Tahun 2015 dan  sebesar 26,29 milyar Dan berkat kerjasama serta kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, realisasinya selalu mencapai 90 persen lebih dari baku yang telah ditetapkan. ini menunjukkan masyarakat sudah mulai meningkatkan kesadaran  dalam membayar pajak daerah. diharapkan  di tahun 2016 kontribusi PBB-P2(Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) terhadap PAD mencapai 12,2 persen dan kontribusi PBB-P2 terhadap pajak daerah mencapai 45,5%. Pajak merupakan sumber pendapatan bagi suatu daerah untuk menambah kas keuangan daerah tersebut.
Di tahun 2016 pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Blitar telah mencapai target pertama tahun 2016 yaitu 53% yang ditargetkan sebelumnya hanya 40% saja. Di tahun lalu 2015 hasil persentase menurun yang dari 57% menjadi 5% sehingga pemerintah perlu pembenahan yang maksimal dalam mencapai PAD yang baik di tahun ini. Untuk itu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat daerah/wilayah Kab Blitar dalam membayar pajak di kab Blitar  Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Blitar, akan terus berupaya dalam meningkatkan kesadaran khususnya bagi para pemuda sadar pajak
Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu dari sumber pajak, PAD merupakan semua hasil dari penerimaan yang diperoleh sumber sumber dari wilayah yang diambil dan berdasarkan undang undang yang berlaku. Hasil pemungutan/ penerimaan pajak disetorkan di kantor pajak yang terdapat di wilayah tersebut. PAD harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah agar mendapatkan pendapatan dan tidak selalu tergantung oleh pemerintahan pusat. Contoh, jenis  pendapatan asli daerah yaitu bersumber dari pendapatan  daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengolahan kekayaan daerah, pajak parkir, Hadiah/Laba, dan lain lain. PAD di control/dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) setempat. Di wilayah Kabupaten Blitar mempunyai beberapa sumber pendapatan yang bisa menjadi anggaran/sumber pajak daerah, tetapi masyarakat di kawasan wisata maupun yang lainnya masih belum sadar pentingnya pajak dari hasil tersebut. Langkah yang harus dilaksanakan pemerintah dalam menangani hal ini yaitu pemerintah harus melakukan pendataan dan pemetaan terhadap wajib pajak di beberapa daerah sehingga akan mengoptimalkan terhadap objek pajak di kabupaten blitar. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah agar pemerintahan daerah dapat lebih maju dari pemerintah pusat. Agar pemerintahan dapat berkembang maka pemerintah harus selalu teratur dalam mengontrol dan mengawasi perkembangan/pemasukkan keuangan daerah khususnya dalam pajak.
Menurut saya untuk menyadarkan para pemuda sadar pajak merupakan bukan lah hal yang sulit, hanya perlu penyadaran dan pengarahan terhadap hal itu. Bagi pemuda yang selalu tepat waktu dalam membayar pajak daerah itu merupakan suatu pahlawan masa kini yang akan membangun suatu bangsa/pemerintahan ini.




Biografi
Nama     : Heny kurniawati
Sekolah  : SMK Islam 1 Blitar       
Twitter     : @henykurnia222
Facebook: Heny Kurniawati
Email       : Henykurnia22@gmail.com



dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon