Rabu, 19 Oktober 2016

PEMECAHAN MASALAH PRESENTASI JARINGAN LAN


Application layer merupakan lapisan OSI Layer yang menyediakan interface atau antar muka antar aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi di dalam jaringan, dan kemudian membantu mengerimkan dan menerima pesan yang dikirimkan di dalam jaringan tersebut. (Alfi, 2016)
Fungsi Layer Presentasi :
Secara umum fungsi dari presentation layer adalah:
a)      Enkripsi dan dekripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan.
b)      Kompresi dan dekrompresi suatu pesan sehingga dapat dikirimkan pada jaringan secara efisien.
c)      Memformat grafis.
d)     Melakukan translasi konten.
e)      Melakukan translasi yang sifatnya spesifik terhadap suatu sistem tertentu.
f)       Bagaimana data dipresentasikan.
g)      Menyajikan data.
h)      Sebagai layanan penterjemah.
i)        Menentukan tipe data (gambar, audio, video, atau teks), enkripsi (ASCII atau EBCDIC), dan ekstensi file agar file siap ditampilkan di layer aplikasi. (Septiana, 2012)
Protokol yang ada pada presentation layer :
1)      VTP (Virtual terminal protocol) Protocol VTP ini memiliki fungsi untuk membuat dan jug amemlihara struktur data, serta melakukan proses translating atau penterjemahan dari terminal menjadi bentuk standar yang umum digunakan.

2)      SMTP (Simple Mail Transfer Protokol) Protokol SMTP ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk proses pertkaran email, baik email masuk dan juga email keluar yang melewati server email. Dengan begitu, SMTP akan membantu user dalam mengakses email. (baca juga: Pengertian SMTP dan cara kerjanya)

3)      SNMP (Simple Network Management Protocol) SNMP ini merupakan protocol yang berfungsi untuk melakukan proses manajemen dan juga proses pengaturan pada sebuah jaringan.
4)      RPC (Remote Procedure Call) yang merupakan protocol yang berfungsi sebagai pemanggilan jarak jauh pada proses komunikasi di dalam jaringan. (Dini, 2012)
Abstraksi Sintak Notasi (ASN)
Abstrak Sintaks Notasi One (ASN.1) adalah standar dan notasi yang menggambarkan aturan dan struktur untuk mewakili, encoding, transmisi, dan data decoding di bidang telekomunikasi dan jaringan komputer. Aturan resmi memungkinkan representasi objek yang independen terhadap teknik encoding-mesin khusus. Notasi formal memungkinkan untuk mengotomatisasi tugas memvalidasi apakah contoh spesifik dari representasi data mematuhi spesifikasi. Dengan kata lain, perangkat lunak dapat digunakan untuk validasi. (Husen'tz, 2015)
X Window
X Window atau lengkapnya X Window System adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat intput dan jaringan komputer. (Habibi, 2012)


3 komentar

thanks visit back http://dickysosd.blogspot.co.id/

dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon