Kamis, 12 Januari 2017

ENKAPSULASI DAN FRAME RELAY

Tags


  • ·        Enkapsulasi WAN umum
  • ·        Enkapsulasi WAN dan Ethernet
  • ·        HDLC dan PPP
  • ·        Konfigurasi PPP
  • ·        Konfigurasi PAP dan CHAP
  • ·        Frame relay
  • ·        Teknologi frame relay
  • ·        Fungsi kerja frame relay

Enkapsulasi merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi enis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut. (Alghifary, 2014)
ENKAPSULASI WAN
PPP
PPP (point to point) protocol yang merupakan salah satu jenis koneksi WAN  dalam suatu jaringan komputer internetwork, adalah protocol point-to-point yang pada awalnya di kembangkan sebagai method encapsulation pada komunikasi point-to-point antara piranti yang menggunakan protocol suite. Protocol ini menjadi sangat terkenal dan begitu banyak diterima sebagai metoda encapsulation WAN khususnya dikarenakan dukungannya terhadap berbagai macam protocol seperi IP; IPX; AppleTalk dan banyak lagi.
Fitur PPP
Berikut ini adalah fitur kunci dari protocol ini:
1. PPP beroperasi melalui koneksi interface piranti Data Communication Equipment (DCE) dan piranti Data Terminal Equipment (DTE).
2. Dapat beroperasi pada kedua modus synchronous (dial-up) ataupun asynchronous dan ISDN.
3. Tidak ada batas transmission rate
4. Keseimbangan load melalui multi-link
5. LCP dipertukarkan saat link dibangun untuk mengetest jalur dan setuju karenanya.
6. Mendukung berbagai macam protocol layer diatasnya seperti IP; IPX; AppleTalk dan sbgnya.
7. Mendukung authentication kedua jenis clear text  PAP (Password Authentication Protocol) dan enkripsi CHAP (Chalange Handshake Authentication Protocol)
8. NCP meng-encapsulate protocol layer Network dan mengandung suatu field yang mengindikasikan protocol layer atas. (Laksono, 2014)
Ethernet Encapsulation
Layer 2 protokol dan Layer 1 teknologi.
Untuk Layer 2 protokol, seperti halnya dengan semua 802 standar IEEE, Ethernet bergantung pada dua sub-lapisan yang terpisah dari lapisan data link untuk beroperasi, Logical Link Control (LLC) dan sub-lapisan MAC.
LLC sublayer Ethernet LLC sublayer menangani komunikasi antara lapisan atas dan lapisan bawah.
Ini biasanya antara perangkat lunak jaringan dan perangkat keras.
Sublayer LLC mengambil data protokol jaringan, yang biasanya paket IPv4, dan menambahkan kontrol informasi untuk membantu memberikan paket ke node tujuan.
LLC yang digunakan untuk berkomunikasi dengan lapisan atas aplikasi, dan transisi paket ke lapisan bawah untuk pengiriman.
LLC diimplementasikan dalam perangkat lunak, dan pelaksanaannya independen dari perangkat keras.
Dalam komputer, LLC dapat dianggap perangkat lunak driver untuk NIC.
Driver NIC adalah program yang berinteraksi langsung dengan hardware pada NIC untuk melewatkan data antara sublayer MAC dan media fisik.
MAC sublayer MAC merupakan sublayer bawah dari layer data link.
MAC dilaksanakan oleh hardware, biasanya di komputer NIC.
(ando1st, 2016)
High Level Data Link Protokol (HDLC)
Adalah protokol yang digunakan dengan WAN (Wide Area Network) yang secara luas dapat mengatasi kerugian – kerugian yang ada pada protocol – protocol yang beorientasi karakter seperti BiSynch, yaitu yang hanya dapat bekerja secara half-Duplex an penggunaan karakter DLE untuk mendapatkan transparasi pesan. Dua protocol utama dalam HDLC adalah LAPB untuk sambungan titik ke titik dan RNM untuk sambungan ke banyak titik.
Protocol HDCL ini merupakan protocol synchronous bit-oriented yang berada pada lapisan data-link model OSI. (Kananta, 2015)
Konfigurasi PPP
1. Pertama konfigurasi PPP pada kedua router terlebih dahulu,kita akan menggunakan mode authentikasi yang di enkripsi (menggunakan chap). Sedangkan username dan password merupakan konfigurasi sebagai metode authentikasi ke router lawan
Router1>en
Router1#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router1(config)#hostname R1
Router1(config)#username danu password danuzard
danu(config)#int s2/0
danu(config-if)#encapsulation ppp
danu(config-if)#ppp authentication chap
Eouter2>en
Router2#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router2(config)#hostname R2
Router2(config)#username ryata password kiseryota
kiseryota(config)#int s2/0
kiseryota(config-if)#encapsulation ppp
kiseryota(config-if)#ppp authentication chap
Okey kalo udh dikonfig maka link antara R1 dan R2 telah di enkapsulasi menggunakan ppp. Untuk mengeceknya kita harus menggunakan mode debug terlebih dahulu.
danu#debug ppp authentication
PPP authentication debugging is on
2. Kemudian hidupkan setiap interface
danu>en
danu#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
danu(config)#int s2/0
danu(config-if)#no sh
kiseryota#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
kiseryota(config)#int s2/0
kiseryota(config-if)#no sh
Setelah interface serial diaktifkan biasanya status dan port pada pengecekkan “ip interface”, akan up up. Yang berarti telah koneksi sudah terhubung dan encapsulasi ppp sudah berjalan. Cek saja pada R1 (router yang mode debugnya aktif). (Saputro, 2015)

PAP (Password Authentication Protocol) yaitu prosedur otentifikasi dengan dua langkah yaitu
- User yang akan mengakses sistem, akan mengirimkan otentifikasi identitas, biasanya berupa user dan password.
- Sistem akan mengecek validitas identifikasi dan password dengan cara menerima atau menolak koneksi.
CHAP (Challenge Handshake Authentication) adalah protokol otentifikasi three-way-handshaking yang memberikan keamanan yang lebih tinggi dari PAP. Dalam metode ini password akan disimpan secara aman dan tidak pernah dikirimkan secara online. (Marwan, 2014)
Frame Relay adalah protokol WAN yang beroperasi pada layer pertama dan kedua dari model OSI, dan dapat diimplementasikan pada beberapa jenis interface jaringan. Frame relay adalah teknologi komunikasi berkecepatan tinggi yang telah digunakan pada ribuan jaringan di seluruh dunia untuk menghubungkan LAN, SNA, Internet dan bahkan aplikasi suara/voice.

Frame relay adalah cara mengirimkan informasi melalui wide area network (WAN) yang membagi informasi menjadi frame atau paket. Masing-masing frame mempunyai alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan. Frame-frame akan melewati switch dalam jaringan frame relay dan dikirimkan melalui “virtual circuit” sampai tujuan. (Alfredo, 2013)

dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon