Kamis, 12 Januari 2017

Pemecahan masalah layanan DHCP server

21. Pemecahan masalah layanan DHCP server
• Review Pengenalan DHCP  server
• Review konfigurasi dan instalasi DHCP server
• Prosedur pemecahan masalah DHCP client
• Prosedur pemecahan masalah DHCP server
Pengertian DHCP
DHCP merupakan protokol client-server yang digunakan untuk memberikan alamat IP kepada komputer client/ perangkat jaringan secara otomatis. (Zakaria, 2013)
Pengertian DHCP server
DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat “menyewakan” alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini. (Zulhijah, 2015)
Instalasi dan Konfigurasi DHCP server
1.    Lalu install DHCP Server nya dengan mengetikan apt-get install dhcp3-server seperti ini lalu tekan Y, catatan : jangan lupa masukkan DVD Debian 6 yang ke satu. (Sobarudin, 2015)

2.    Lalu akan tampak seperti ini disana ada tulisan failed jangan panik itu terjadi karena konfigurasi DHCP kita belum benar

3.    Isikan ip address untuk Server DHCP kita dengan mengetikan nano /etc/network/interfaces seperti ini :
4.    Lalu simpan dengan menekan Ctrl+X lalu tekan lalu tekan Enter
5.    Lalu restart interfacenya dengan mengetikan /etc/init.d/networking restart
6.    Lalu kita mulai ke konfigurasi DHCP nya dengan mengetikan nano /etc/dhcp/dhcpd.conf

7.    Selanjutnya kita cari konfigurasi seperti gambar dibawah ini
8.    Lalu hilangkan tanda di depannya seperti gambar dibawah ini:
9.    Lalu kita ganti konfigurasinya menjadi seperti ini lalu simpan Ctrl+X , tekan dan tekan Enter
10.  Selanjutnya kita buka konfigurasi interface yang akan dipakai untuk DHCP Server kita dengan mengetikan nano /etc/default/isc-dhcp-server
11.  Lalu kita tambahkan "eth0" tanpa tanda kutip pada konfigurasinya letaknya seperti gambar dibawah ini:


12.  Lalu simpan Ctrl+X, tekan Y, dan tekan Enter
13.  Lalu restart DHCP Server kita dengan mengetikan /etc/init.d/isc-dhcp-server restart
(Tekaje, 2013)
Troubleshooting DHCP Server
Masalah Umum DHCP Server
Jika beberapa workstation mengalami masalah dengan penyewaan alamat IP, maka masalah ini kemungkinan besar terkait dengan server DHCP itu sendiri. Jika Anda menduga bahwa server DHCP adalah penyebab masalah, maka Anda bisa memulai dengan melakukan beberapa tes ping untuk memverifikasi bahwa server DHCP mampu berkomunikasi melalui jaringan.
Jika server DHCP dapat berkomunikasi dengan komputer lain pada jaringan, maka saya sarankan memverifikasi bahwa server DHCP memiliki alamat IP yang kompatibel dengan lingkup yang server dikonfigurasi untuk menetapkan alamat dari. Sebagai contoh, jika ruang lingkup DHCP server terdiri dari alamat dari 192.168.0.1 ke 192.168.0.50, maka server akan benar-benar dapat memberikan alamat mereka kecuali server sendiri telah diberi alamat statis di kisaran subnet yang sama, seperti 192.168.0.0 atau 192.168.0.51.
 Jika ini masih tidak memecahkan masalah, maka saya sarankan memeriksa dasar-dasar. Misalnya, Anda harus memastikan bahwa server DHCP masih disahkan oleh Active Directory untuk menyewa alamat IP. Anda juga harus memeriksa untuk memastikan bahwa ruang lingkup aktif, dan bahwa layanan yang diperlukan yang berjalan pada server DHCP. (Posey, 2006)

1 komentar so far

El Yucateco Restaurants in Lajon, CA | Mapyro
El Yucateco 광주광역 출장샵 Restaurants in Lajon, CA. 89109. Directions. 614-369-9940. Call Now 제천 출장마사지 · Full menu · 남양주 출장샵 Year Built: 1999. Menu: 서산 출장마사지 Mexican. Year 동두천 출장마사지 Built: 1999.

dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon