Rabu, 18 Januari 2017

Troubleshooting Lapisan Presentasi WAN (Presentation Layer WAN)

13. troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN

• Pendahuluan troubleshooting lapisan presentasi WAN
• Abstrak Sintaks Notasi 1 (ASN.1)
• X Window
Pengertian Apliaction layer
Application layer (Layer 7 OSI) adalah layer OSI yang terdekat dengan user; menyediakan network services bagi aplikasi user. Berbeda dengan layer yang lain, Layer 7 tidak menyediakan service bagi layer OSI lain. Contoh aplikasi ini adalah program spreadsheet, word processing, dan terminal bank. Layer 7 menetapkan adanya partner komunikasi yang diinginkan, menetapkan dan mensinkronkan kesepakatan prosedur untuk error recovery serta mengotrol integritas data. Jika ingin mengingat Layer 7 dengan beberapa kata, pikirkan tentang browsers. (Gemek, 2012)
Troubleshooting Jaringan WAN
1) Pemeriksaan ulang konfigurasi jaringan
Pemeriksaan ulang konektifitas jaringan merupakan tindakan pengecekan ulang kembali dari proses paling awal yakni:
a) Memeriksa pemasangan kartu jaringan (LAN Card) apakah telah terpasang dengan baik atau tidak
b) Memeriksa Pemasangan konektor Kabel pada hub/switch atau konektor lain tidak mengalami short atau open,
c) Pemasangan konektor tidak longgar
d) Setting dan konfigurasi kartu jaringan secara software telah benar sesuai dengan ketentuan jaringan sebelumnya baik dari instalasi driver kartu jaringan, Konfigurasi IP Address, Subnet mask dan Workgroup yang digunakan. (Yusuf, 2011)

Pengertian ASN.1
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. Ketika John Smith di CalTech ingin menulis rekomendasi untuk standarisasi prosedur yang salah satu komponen berikut untuk berbicara dengan komponen lain, ia menulis rekomendasi dalam notasi ASN.1, dan mengajukan rekomendasi untuk badan standar seperti ITU. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690. (Asthuthiek, 2014)
Pengertian X-Window
X Window System adalah sistem window yang dikembangkan dalam proyek Athena (Athena Project) oleh sekelompok mahasiswa pada Institut Teknologi Massacusett (MIT), yang saat ini proyek tersebut sudah selesai. Proyek Athena sendiri adalah sebuah proyek yang membangun sebuah sistem dimana beberapa komputer dan printer yang tersambung dalam sebuah jaringan komputer dapat saling berkomunikasi, berkiriman surat elektronik, membaca papan pengumuman elektronik serta dapat mencetak jarak jauh. (Wahjono, 2015)
Window Manager

Window Manager adalah interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif. Window manager menyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, tollbar dari X Windows. (Rizaldy, 2013)

dont racism or use bad words !!! thx for attention :D
EmoticonEmoticon